Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan sebab akibat suatu fenomena, baik itu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya. Teks eksplanasi berisi fakta yang dapat menjawab pertanyaan tentang “bagaimana” dan “mengapa” suatu fenomena terjadi.
Struktur teks eksplanasi
Teks eksplanasi tersusun atas suatu struktur yang memudahkan kita dalam memahami isi teks. Adapun struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut :
- Pernyataan umum
Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang dan tinjauan umum topik yang dapat berupa definisi, klasifikasi, sejarah, dan asal usul. Bagian dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam terjadi.
- Deretan penjelas
Pada bagian ini berisi perincian proses atau sebab terjadinya suatu fenomena yang juga mencakup akibat dan dampak yang ditimbulkan.
- Interpretasi
Bagian ini berisi penafsiran penulis mengenai topik dengan perspektif tertentu yang lebih luas dan menyeluruh, serta menjelaskan korelasi peristiwa yang menyertainya.
- Simpulan
Pada bagian akhir teks terdapat tanggapan penulis dalam menyikapi fenomena berupa pernyataan reflektif yang bersifat umum.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi
Pembahasan dalam teks eksplanasi menggunakan konteks ilmiah melalui pemaparan sejarah, definisi, klasifikasi, dan kebiasaan. Informasi tersebut dapat berupa fakta-fakta empiris, data statistik, dan rangkaian peristiwa yang menjelaskan korelasi antaraspek dan antarperistiwa dalam teks.
Berikut ciri-ciri atau karakteristik teks eksplanasi yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya.
- Ilmiah
Fenomena yang dijelaskan dalam teks eksplanasi berdasarkan konteks ilmiah, yaitu berupa fakta, realita, teori, dan penelitian. Penjelasan tersebut dapat berupa sejarah, klasifikasi, atau definisi.
- Logis
Penjelasan fenomena dalam teks eksplanasi bersifat logis dan teoretis.
- Objektif
Penjelasan dalam teks dapat disertai argumen yang bersifat objektif dengan didukung teori yang relevan, sehingga dapat pula dijadikan rujukan yang valid.
Tujuan Teks Eksplanasi
Ada beberapa tujuan dari dibuatnya teks eksplanasi, yakni:
- Menjelaskan sebab dan akibat dari sebuah peristiwa yang terjadi di sekitar kita
- Menjelaskan fenomena alam atau kejadian yang terjadi.
Struktur Teks Eksplanasi
1. Penyataan umum
Struktur pertama yang ada di dalam teks eksplanasi adalah pernyataan umum. Bagian ini berisi tentang pernyataan umum dari topik yang akan dibahas. Topik ini akan dijelaskan secara runtut di bagian sebab akibat.
2. Urutan sebab akibat
Sebuah teks eksplanasi biasanya memiliki bagian yang cukup panjang. Bagian sebab akibat ini akan menjelaskan secara lengkap proses terjadinya sebuah peristiwa. Urutan sebab akibat ini juga akan dipaparkan secara urut, dari bagian yang paling awal hingga yang paling akhir.
3. Interpretasi
Yang dimaksud dengan interpretasi adalah bagian kesimpulan dari semua topik atau fakta yang sudah dibahas sebelumnya. Interpretasi harus ada dalam sebuah teks eksplanasi, karena menjadi pamungkas dari teks tersebut. Pembaca diharapkan bisa mengetahui apa yang ingin disampaikan oleh penulis teks.
Menulis Teks Eksplanasi
Dalam membuat teks eksplanasi, kita dapat menggunakan dua pola pengembangan, yaitu pola pengembangan sebab akibat dan pola pengembangan proses. Berikut langkah-langkah menulis teks eksplanasi.
- Menentukan topik yang menarik
Tentukan fenomena alam, sosial, atau budaya yang ingin kamu sajikan. Misalnya proses terjadinya pasang surut air laut.
- Membuat rancangan kerangka/teks
Buatlah kerangka karangan berdasarkan struktur teks eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, penggambaran rangkaian kejadian, dan ulasan.
- Mengumpulkan referensi
Cantumkan fakta dan data yang kamu kumpulkan pada bagian penggambaran rangkaian kejadian.
- Mengembangkan teks
Kembangkan kerangka karangan hingga menjadi teks eksplanasi yang utuh.
- Menyunting teks
Periksa dan baca kembali teks yang telah kamu buat. Suntinglah jika ada ada kalimat yang tidak sesuai atau kesalahan dalam penulisan.
Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi 1 dan Pembahasan
Bacalah contoh teks eksplanasi berikut untuk memudahkanmu dalam memahami karakteristik teks eksplanasi.
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan bangunan bersejarah Buddha terbesar di Dunia. Candi Borobudur sudah dibangun jauh sebelum Angkor Wat di Kamboja dan katedral-katedral agung di Eropa. Candi ini dibangun pada tahun 824 M, yaitu masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Kini, Candi Borobudur menjadi tempat ziarah umat Buddha dari berbagai negara seperti China, India, Tibet, dan Kamboja.
Candi Borobudur berada di Jawa Tengah, di puncak bukit dengan pemandangan di sekitarnya berupa sawah-sawah yang subur dan bukit-bukit. Luas candi Borobudur adalah 123 x 123 m3 yang tersusun atas 1 stupa induk, 72 stupa terawang, dan 504 patung Buddha. Selain itu, ada pula 2672 panel relief yang jika disusun berjajar bisa mencapai 6 km.
Pada 1814, Sir Thomas Stamford Raffles menemukan Candi Borobudur dalam kondisi rusak. Ia mengusulkan agar candi tersebut dibersihkan dan dilakukan pemugaran. Proyek restorasi Borobudur pun dimulai dari tahun 1905 sampai tahun 1910. Kemudian dengan bantuan UNESCO, restorasi kedua dilaksanakan pada bulan Agusutus 1913 sampai tahun 1983. Pada 1991, Borobudur ditetapkan sebagai warisan dunia. Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Candi Borobudur juga menjadi salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke Yogyakarta.
Dapatkah kamu memahami dan mengidentifikasi isi teks tersebut? Mengapa teks tersebut termasuk ke dalam teks eksplanasi? Teks tersebut termasuk teks eksplanasi karena menjelaskan suatu peristiwa, yaitu terbentuknya Candi Borobudur. Berikut penjelasannya berdasarkan struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi.
- Struktur teks eksplanasi
Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi diawali dengan pernyataan umum. Pada teks tersebut, di awal paragraf dijelaskan secara umum mengenai Candi Borobudur.
“Candi Borobudur merupakan bangunan bersejarah Buddha terbesar di Dunia. Candi Borobudur sudah dibangun jauh sebelum Angkor Wat di Kamboja dan katedral-katedral agung di Eropa.”
Kemudian, teks dilanjutkan dengan deretan penjelas yang berisi perincian bentuk dan hal yang terjadi pada Candi Borobudur.
“Candi Borobudur berada di Jawa Tengah, di puncak bukit dengan pemandangan di sekitarnya berupa sawah-sawah yang subur dan bukit-bukit. Luas candi Borobudur adalah 123 x 123 m3 yang tersusun atas 1 stupa induk, 72 stupa terawang, dan 504 patung Buddha.”
“Pada 1814, Sir Thomas Stamford Raffles menemukan Candi Borobudur dalam kondisi rusak. Ia mengusulkan agar candi tersebut dibersihkan dan dilakukan pemugaran.”
Teks pun ditutup dengan bagian interpretasi/penafsiran dan simpulan dari pertanyaan utama, yaitu mengapa Candi Borobudur menjadi warisan dunia.
“Pada 1991, Borobudur ditetapkan sebagai warisan dunia. Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Candi Borobudur juga menjadi salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke Yogyakarta.”
- Ciri-ciri teks eksplanasi
Fenomena yang dijelaskan dalam teks tersebut berdasarkan konteks ilmiah, yaitu berupa fakta tentang terbentuknya suatu candi yang megah sejak ratusan tahun lalu. Teks tersebut juga bersifat logis atau masuk akal dan objektif dengan didukung teori yang relevan. Hal ini dibuktikan dengan adanya keterangan waktu dan tempat.
“Candi Borobudur berada di Jawa Tengah, di puncak bukit dengan pemandangan di sekitarnya berupa sawah-sawah yang subur dan bukit-bukit. Luas candi Borobudur adalah 123 x 123 m3 yang tersusun atas 1 stupa induk, 72 stupa terawang, dan 504 patung Buddha.”
“Proyek restorasi Borobudur pun dimulai dari tahun 1905 sampai tahun 1910.”
Teks tersebut juga memaparkan suatu fenomena berdarkan fakta dengan tujuan menambah pengetahuan pembaca. Fenomena tersebut juga terjadi secara alami dan melalui jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, teks tersebut tidak berusaha memengaruhi pembaca dan menjelaskan suatu proses yang alami.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
BAHASA INDONESIA KD 3.2
Nama :
______________________ Hari/Tgl.:
__________________
A.
Berilah tanda ( X ) pada jawaban a, b, c atau
d yang paling benar !
1. Teks
ekspalanasi terdiri dari . . . .
a.
Pembukaan,
kesimpulan dan penutup
b. Pernyataan umum, deretan penjelas, dan kesimpulan
c.
Penjelasan,
uraian dan kesimpulan
d.
Kesimpulan,
keterangan penjelas dan tambahan
2. Dalam teks eksplanasi paragraf pertama berisi tentang . . . .
a.
Pernyataan
umum
b.
Persepsi
penulis
c.
Kesimpulan
d. Penjelas
3. Berikut
merupakan salah satu ciri teks eksplanasi adalah . . . .
a.
Isi
teks bersifat imajinatif
b.
Informasi
memuat khayalan
c.
Adanya
Langkah-langkah atau prosedur
d.
Informasi
memuat fakta dan kenyataan
4. Tujuan
teks eksplanasi adalah . . . .
a.
Memberikan
penjelasan berupa tahapan, Langkah atau proses tentang suatu fenomena yang
sedang terjadi
b.
Memberi
gambaran mengenai tahapan dan Langkah dalam penyusunan suatu karya
c.
Memudahkan
pembaca untuk memahami bacaan
d.
Mendeskripsikan
hal-hal yang diamati
Bacalah teks berikut !
Si Paralel Penyelamat Jalan
Garret
Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang
digunakan di berbagai negara di dunia. Lampu tersebut bermanfaat untuk mengatur
lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan. Morgan seorang
warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Ia
terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah menyaksikan
seringnya terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda
5. Topik
masalah pada paragraf teks eksplanasi di atas adalah . . . .
a.
Penemu
lampu lalu lintas yang banyak di pakai di berbagai negara saat ini
b.
Morgan
seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain
c.
Lampu
untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan
d.
Morgan
menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah menyaksikan seringnya terjadi
kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda.
Bacalah teks berikut !
Albert Einsten adalah fisikawan
popular yang lahir tahun 1879 di Jerman. Einstein merupakan ilmuan yang
menemukan teori relavitivitas. Pada saat sekolah, Einstein dikenal seorang
pemalu. Banyak yang bilang ia menderita kelainan sarap otak sehingga sulit membaca.
Keluarganya kuatir Einstein tidak dapat mengikuti pembelajaran, namun ia tidak
menyerah.
6. Pemilihan kata yang tepat untuk memperbaiki kata yang dicetak tebal adalah . . .
a.
Berbicara
b.
Menyatakan
c.
Mengatakan
d. Mengungkapkan
7. Kata tidak baku yang terdapat pada teks tersebut adalah . . . .
a.
Teori
dan sarap
b.
Sarap
dan kuatir
c.
Relativitas
dan sarap
d. Relativitas dan kuatir
8. Defisa
negara ditentukan oleh export dan import barang.
Penulisan yang tepat untuk kata defisa, export dan import adalah . . . .
a.
Devisa,
ekspor, impor
b.
Devisa,
eksport, import
c.
Defisa,
ekspor, impor
d. Defisa, eksport, import
9. Dana
beberapa miliar yang diterima harus dilaporkan penggunaannya secara kongkret,
detail dan berkuitansi.
Penulisan kata tidak baku pada kalimat di atas adalah . . . .
a.
Miliar
b.
Kongkret
c.
Detail
d.
kuitansi
1 Kalimat berikut ini yang
menggunakan ejaan yang tepat adalah . . . .
a.
Sudah
empat Minggu mutiara mencari anak kucing Persianya yang hilang
b.
Sudah
empat Minggu mutiara mencari anak Kucing Persianya yang hilang
c.
Sudah
empat minggu mutiara mencari anak Kucing Persianya yang hilang
d. Sudah empat minggu Mutiara mencari anak kucing persianya yang hilang
B.
Is Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
- Teks eksplanasi adalah
sebuah teks yang memuat informasi berdasarkan
. . . dan . . .
- Berdasarkan strukturnya teks eksplanasi dibagi menjadi tiga bagian. Bagian akhir dari sebuah teks eksplanasi adalah . . . .
- Pada era gelobalisasi
ini, kita dituntut mempunyai kreatifitas yang tinggi, dan mengikuti
perkembangan tehnologi modern.
Perbaikan kata yang bercetak miring adalah . . . .
- Setiap hari Jumat peserta
didik mendapatkan pembelajaran praktik berbagai ketrampilan tangan. Kata tidak
baku pada kalimat tersebut adalah . . . .
- Perhatikan kalimat berikut
ini !
a.
Budi
menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru
b.
Bu
Nani menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami
c.
Pemberian
penghargaan dapat menstimulasi semangat berkarya pemuda
d.
Kurangnya
apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.
Kalimat yang kurang efektif
ditunjukkan kalimat . . . .
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
- . Tuliskan
struktur teks eksplanasi !
- . Tuliskan
ciri-ciri dari kosakata baku !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar