Sabtu, 28 September 2019

Metamorfosis

METAMORFOSIS

Metamorfosis adalah
suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan

Metamorfosis umumnya terjadi dengan fase yang berbeda, seperti telur, larva, pupa juga nimfa
Seringkali juga tanpa fase pupa atau nimfa dan berakhir menjadi makhluk hidup dewasa atau imago. Berikut penjelasan apa itu telur, nimfa, lava, pupa juga imago.

Tahapan Metamorfosis









Metamorfosis terdapat dua jenis , yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Dikatakan tidak sempurna dikarenakan bentuk larva sangat jauh berbeda dengan bentuk imagonya.

Tahapan yang dilalui metamorfosis sempurna ada 4 tahap yaitu :
telur - larva - pupa / nimfa- imago. Contoh metamorfosis sempurna diantaranya , katak, nyamuk, lalat, dan kupu-kupu.

Metamorfosis tidak sempurna pada serangga hanya melalui tiga tahapan yaitu , telur - nimfa - imago (hewan dewasa).Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna mmpunyai bentuk tubuh sama ketika kecil sampai dewasa , yag membedakan adalah pertumbuhan sebagian tubuh hewan tersebut. 
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna walang, kepikk, rayap, kutu daun, jangkrik, capung dll.

Metamorfosis umumnya terjadi pada fase yang sangat berbeda, seperti dimulai dari telur, larva atau nimfa, terkadang juga sering melewati fase pupa dan berakhir menjadi imago atau dewasa. Apakah artilarva, nimfa, pupa dan imago itu ? Berikut di bawah ini penjelasannya yaitu :
  • Larva adalah suatu bentuk hewan muda yang berkembang melalui metamorfosis. Fase larva sering juga terjadi pada metamorfosis serangga dan amfibia, bentuk larva akan berbeda ketika sudah berubah bentuk menjadi dewasa. Misalnya seperti yang terjadi pada ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu. Larva ini memiliki organ khusus yang tidak dimiliki saat bentuk dewasa dan juga larva tidak akan memiliki pada organ tubuh tertentu ketika sudah menjadi dewasa.

  • Nimfa adalah hewan muda mirip dengan hewan yang sudah tumbuh dewasa, akan tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan terdapat beberapa bagian organ tubuh yang belum tumbuh. Biasanya nimfa pada metamorfosis akan mengalami peristiwa yang disebut juga dengan Molting atau pergantian kulit dan setiap setelah mengalami Molting hewan tersebut akan lebih kelihatan mirip dengan hewan yang sudah dewasa.

  • Pupa adalah suatu tahapan dimana jaringan larva mengalami pembelahan dan deferensiasi sel-sel yang sebelumnya tidak aktif pada tahap larva dan nantinya akan menjadi suatu organ tubuh. Pupa bisa disebut juga tahap kepong-pong pada metamorfosis dan setelah itu melewati tahap pupa hewan akan menjadi imago atau hewan dewasa. Tahap pupa hanya bisa didapat pada hewan atau serangga yang hanya mengalami metamorfosisi sempurna mislnya seperti pada kupu-kupu.


Jenis Metamorfosis

Beberapa serangga, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata mengalami suatu proses metamorfosis, yang biasanya (tapi tidak selalu) disertai suatu perubahan habitat atau kelakuan. Ada dua macam metamorphosis utama pada serangga yaitu hemimetabolisme dan holometabolisme.
Jenis-jenis metamorfosis umunya terbagi menjadi 2 diantaranya :

1. Metamorfosis Sempurna (Holometabola)
Metamorphosis sempurna adalah Holometabolisme. Pada holometabolisme, larva ini sangat berbeda dengan dewasanya. Serangga yang hanya melakukan holometabolisme melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa. Jadi Metamorfosis sempurna merupakan suatu metamorphosis yang melewati tahapan-tahapan mulai dari telur-larva-pupa-imago (dewasa). Contoh metamorphosis sempurna yaitu terjadi pada katak,nyamuk dan kupu-kupu.




2. Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetobola)
Metamorphosis tidak sempurna adalah Hemimetabolisme. Fase spesies yang belum dewasa pada metamorphosis biasanya disebut dengan larva. Tapi pada metamorphosis kompleks pada kebanyakan spesies serangga, hanya saja fase pertama yang disebut larva dan terkadang memiliki nama yang berbeda. Pada hemimetabolisme, perkembangan larva akan berlangsung pada fase pertumbuhan berulang dan ekdisis (pergantian kulit), fase ini disebut instar. Jadi Metamorfosis tidak sempurna ini merupakan metamorphosis yang melewati 2 tahapan yakni dari telur menjadi nimfa kemudian menjadi hewan dewasa. Biasanya juga metamorphosis ini terjadi pada serangga seperti capung, belalang, jangkrik.







14 komentar:

  1. Terimakasih banyak ya ibu aku menjadi paham dengan apa yang dimaksud dengan metamorfosa penjelasan tersebut sangatlah bermanfaat 😁💗

    BalasHapus
  2. Terima kasih bu saya menjadi paham tentang metamorfosis,sekali lagi terima kasih bu

    BalasHapus
  3. Makasih banyak bu saya paham tentang metamorfosis

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu dina .oh iya saya mau nanya bu emng nimfa sama pupa sama ya bu makasih bu

    BalasHapus
  5. Mksh bu saya jadi mengerti metamorfosis (ibu cntk)

    BalasHapus
  6. Terimakasih BU DINA saya menjadi paham apa yang di maksud metamorfosis

    BalasHapus
  7. Terimakasih bu dina,atas pelajarannya

    BalasHapus
  8. terimakasih bu,saya jadi mengerti apa itu metamorfosis dan tahapanya

    BalasHapus
  9. Terimakasih ya buu..... setelah saya membaca tentang metamorfosis, sya bisa menjadi mengerti bahwa apa yang dimaksud dengan metamorfosis dan jenisnya serta tahapnya, sekali lagi sya berterima kasih buu.....

    BalasHapus
  10. Terimaksaih bu atas pelajaran tentang metamorfosis

    BalasHapus
  11. Tq buu atas pelajaran metamorfosis nya

    BalasHapus
  12. kalau kodok termasuk metamorfosis juga yah ?
    jenis nya apa ?

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu atas penjelasan dari materi metamorfosisnyaa😊

    BalasHapus
  14. Mksh bu dina atas penjelasan metamorfosis nya bu dina,saya menjadi paham kembali tentang metamorfosis

    BalasHapus

Tema 2 /IPA / ADAPTASI HEWAN

TEMA 2 PERSATUAN DAN KESATUAN  1. IPA    ADAPTASI HEWAN   Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan hidupnya disebut adaptasi .    ...